Bahaya Minum Air Putih Berlebih

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya.

KITA disarankan untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Ini berarti, bila kita minum air terlalu sedikit atau berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. Jika kekurangan air tubuh kita akan dehidrasi, apa jadinya bila tubuh kelebihan air?
Pakar penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, pernah menemui kasus di mana pasiennya mengalami kejang-kejang. Setelah diperiksa, ternyata sang pasien terlalu banyak minum air, sehingga keseimbangan garam di tubuhnya hilang dan menyebabkannya kejang-kejang.
“Kadar garam dalam tubuh yang normal itu minimal 140 miligram. Tapi pada pasien ini sudah turun sampai 100 miligram. Setelah ditanya, ternyata dia minum air setiap hari lebih dari tiga liter,” kisahnya dalam talkshow Asupan Air Seimbang Cegah Obesitas pada Anak dan Remaja di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (21/1/2015).
Menurut para ahli, rata-rata orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 2 – 2,5 liter air putih setiap hari untuk aktivitas normal. Ukuran tersebut dapat menyesuaikan aktivitas dan usia. Untuk catatan, orang lanjut usia disarankan minum sedikit air daripada ukuran normal orang dewasa.
“Untuk lansia di atas 65 tahun, disarankan untuk maksimal minum air sebanyak 1,5 liter dan jangan kurang dari satu liter per hari. Karena kebanyakan minum, makanya banyak orang tua yang kakinya patah karena garam tubuhnya turun,” tambanhnya


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 8:47 PM