Manfaat dan Bahaya Masturbasi

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya.

Manfaat dan Bahaya Masturbasi – Bagi sebagian orang, masturbasi merupakan sesuatu yang tabu untuk dibicarakan apalagi dilakukan. Masturbasi dianggap memberikan dampak yang buruk bagi tubuh dan kesehatan alat reproduksi. Namun untuk membuktikan hal tersebut, perlu diteliti lebih jauh lagi mengenai manfaat dan bahaya masturbasi bagi kesehatan tubuh.
Image courtesy of photostock / FreeDigitalPhotos.net
Image courtesy of photostock / FreeDigitalPhotos.net
Masturbasi atau sering disebut juga dengan istilah onani, merupakan suatu kegiatan stimulasi organ seksual untuk mencapai suatu kepuasan yang diperoleh dari proses orgasme. Masturbasi sendiri ada yang dilakukan dengan bantuan alat ataupun tanpa alat. Ada beberapa cara yang digambarkan dalam melakukan masturbasi baik itu melalui bantuan tangan, gesekan dengan benda lain ataupun dengan bantuan alat bantu seks.
Terdapat banyak pandangan berbeda mengenai manfaat dan bahaya melakukan masturbasi. Dibalik masih tabunya paradigma masyarakat mengenai seks, tentu perlu adanya informasi yang benar mengenai hal tersebut baik dari sisi medis maupun psikologis. Karena kegiatan masturbasi sendiri merupakan kegiatan yang berkaitan dengan organ vital dalam tubuh manusia, maka pengetahuan akan dampak dari masturbasi pun harus diketahui sebelum melakukan kegiatan tersebut.
Masturbasi identik dilakukan oleh seseorang yang belum menikah atau belum memiliki pasangan. Tapi tidak menutup kemungkinan jika seseorang yang telah menikah pun melakukan hal tersebut. Ada beberapa alasan yang mungkin mendorong seseorang yang telah memiliki pasangan untuk melakukan masturbasi, diantaranya :
–          Merasa lebih nyaman mendapatkan orgasme dengan melakukan masturbasi
–          Rasa kurang puas terhadap pasangan
–          Keinginan yang menggebu-gebu
–          Stimulasi yang bisa dilakukan setiap saat
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Graham Giles dari sebuah lembaga bernama The Cancer Council di Australia yang menyebutkan, bahwa masturbasi pada seorang laki-laki dapat mencegah terjadinya perkembangan kanker prostat di dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan tahun 2003 ini juga menyebut jika masturbasi memiliki resiko lebih aman dalam menyebarkan penyakit kelamin dibanding berhubungan seks secara langsung.
Lalu selain manfaat diatas, terdapat manfaat masturbasi bagi kesehatan tubuh lainnya dibawah ini.
Manfaat masturbasi bagi tubuh
1. Membantu pikiran menjadi rileks. Sama seperti seks, dalam masturbasi juga terjadi pelepasan hormon endorphin dari otak. Hormon ini membantu meningkatkan relaksasi dalam tubuh dan mengurangi tingkat stress.
2. Pada wanita, masturbasi dipercaya bisa mengurangi resiko kanker serviks. Ini disebabkan karena ketika proses masturbasi, cairan serviks akan terdorong keluar pada saat orgasme dan akan mendorong keluar bakteri yang bisa menyebabkan inveksi pada organ vital wanita.
3. Membuat tidur lebih nyenyak. Masturbasi yang dilakukan menjelang tidur akan membantu tubuh merasakan rasa nyaman pada saat tidur.
4. Pada pria, masturbasi dipercaya dapat membersihkan saluran kemih dari bakteri, sekaligus mengurangi resiko terkena penyakit infeksi saluran kemih.
Selain manfaat yang terdapat ketika melakukan masturbasi, ternyata masturbasi juga memiliki dampak buruk jika dilakukan secara berlebihan. Dampak buruk yang diakibatkan lebih banyak kepada aspek psikologis seseorang. Berikut beberapa bahaya masturbasi yang bisa terjadi jika dilakukan secara berlebihan.
Bahaya masturbasi
1. Rasa bersalah setelah melakukan masturbasi. Hal ini berkaitan dengan faktor kepercayaan dan masih tabunya persoalan masturbasi dalam masyarakat.
2. Kerusakan organ vital. Masturbasi yang dilakukan secara berlebihan berpotensi merusak organ vital seseorang. karena organ secara intens akan terus “dipaksa” untuk mendapatkan kepuasan diri, tanpa menghiraukan resiko cedera organ tersebut.
3. Susah berkonsentrasi. Ketika seseorang terlalu banyak melakukan masturbasi, pikiran mereka akan terus tertuju pada hal tersebut. Ini menyebabkan otak menjadi susah fokus pada suatu hal karena dorongan seksual yang berlebihan.
4. Menganggu hubungan. Beberapa pendapat menyebut jika masturbasi bisa memicu hubungan seksual yang lebih baik dengan pasangan. Namun bagaimana jika ternyata masturbasi dianggap lebih menyenangkan dibandingkan hubungan seks itu sendiri? tentu ini bisa memicu hubungan yang kurang harmonis bagi pasangan yang sudah menikah.
5. Susah mengontrol diri. Efek yang paling berbahaya dari masturbasi adalah rasa ketagihan setelah melakukannya. Hal ini bisa menyebabkan sulitnya mengendalikan diri untuk berhenti melakukan masturbasi.
6. Kecanduan akan masturbasi. Masturbasi yang dilakukan terus menerus akan membuat pelakunya terobsesi dan akan terus melakukannya kapanpun ada waktu luang.
Itulah beberapa manfaat dan bahaya masturbasi untuk tubuh. Bagaimanapun, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan kurang baik bagi kesehatan tubuh, bahkan berolahraga sekalipun. Jadi, lakukan seperlunya dan sesuai dengan kebutuhan.


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 5:30 AM