Hindari Penyebab Munculnya Jerawat Ini

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya.

  1. Produksi minyak berlebih pada wajahPenyebab utama dari 7 penyebab munculnya jerawatadalah akibat produksi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous pada kulit. Minyak ini dapat menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Produksi minyak berlebih ini dapat dipicu oleh makanan yang mengandung banyak lemak, seperti makanan siap saji.
  2. BakteriJerawat dapat diperparah oleh pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes. Bakteri ini berkembang biak pada kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan memproduksi zat-zat yang menimbulkan iritasi. Jika didiamkan, kelenjar minyak akan membengkak, pecah, dan menimbulkan jerawat batu.
  3. Sel-sel Kulit MatiSeiring dengan bertambahnya umur, regenerasi sel menjadi lebih lambat. Hal ini menyebabkan sel kulit mati menumpuk di permukaan, dan ketika sel kulit mati bercampur dengan kotoran pada kulit, dapat menyumbat kelenjar minyak dan menyebabkan jerawat.
  4. Faktor HormonalAdanya ketidakseimbangan hormon dapat merangsang produksi minyak berlebih dan memicu timbulnya jerawat. Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti pada masa puber, pada masa menstruasi, saat kehamilan, pemakaian pil KB, atau stress.
  5. KosmetikMenggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah juga memicu timbulnya jerawat. Kosmetik yang mengandung banyak minyak atau bedak berfoundation dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Selain itu, mengenakan kosmetik yang terlalu tebal juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri pada wajah.
  6. Obat-obatanMengonsumsi obat kortikosteroid dapat memicu terjadinya jerawat, karena obat ini dapat melemahkan daya tahan tubuh, serta berpotensi meningkatkan aktivitas bakteri pathogen.
  7. Faktor GenetikJenis kulit merupakan factor genetik yang diwariskan dari orang tua kepada anak, sehingga jika orang tua memiliki masalah dengan kulit berminyak, besar kemungkinan anak akan mengalami masalah kulit berminyak pula.


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 3:44 PM