Manfaat dan Khasiat Bawang Merah

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya. Siapa yang tak kenal bahan ini, sangat sering kita jumpai dalam berbagai macam masakan.
Bawang merah mengandung berbagai sulfur, selai  itu juga mempunyai enzim allinase yang timbul ketika bawang dipotong atau dihancurkan.bawang merah juga mengandung flavanoid,asam fenolsterolssaponispectin, dan minyak volati.Semua senyawa itu tergolong zat non-gizi yang berfungsi untuk meningkatkan dan mempertahankan tubuh.



Sebaiknya dipilih bawang merah yang bersih, keras, dan segar.Dihindari memilih bawang merah yang telah bertunas, terserang penyakit, dan sudah berwarna kuning.Senyawa allyl propyl di sulphide ( APDS ) pada bawang merah berguna untuk menurunkan aktivitas gula darah sehingga bisa membantu penderita diabetes mellitus.Cara kerja senyawa APDS tersebut adalah meningkatkan metabolisme hati dari glukosa atau meningkatkan sekresi insulin.

Berikut paparan kandungan Nutrisi yang terdapat pada Bawang Merah, terdiri dari beberapa senyawa diantaranya :
Serat                0,6 g
Fosfor              41 mg
Kalsium           2 mg
Karbohidrat     8,5 g
Niacin              0,2 g
Vitamin B1     0,006 mg
Vitamin C       8,00 mg

Adapun Khasiat dan Manfaat Bawang Merah bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan kadar lemak dalam darah
  • Mencegah penggumpalan darah
  • Menurunkan tekanan darah
  • Melemaskan otot bronchial pada penderita Asma

Itulah beberapa khasiat dan manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh, mengkomsumsi bawang merah secara tepat dan bijaksana akan membantu meningkatkan kesehatan secara optimal dan mencegah dari beberapa penyakit berbahaya.


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 5:18 PM