Masa Subur dan Kehamilan pada Wanita

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya. Dari segi kebidanan, titik puncak kesuburan sebenarnya terjadi pada hari ke -14 sebelum haid berikutnya. Tetapi karena haid berikutnya seringkali tidak sama pada setiap perempuan, maka masa subur diperkirakan 3 – 5 hari sebelum dan sesudah hari ke-14 tersebut. Jadi kurang lebih 10 hari di tengah-tengah siklus antara periode haid. Hubungan seks pada masa subur ini dapat menyebabkan kehamilan. Jadi bagi anda yang ingin pasangannya hamil harus memahami hal ini.

Namun demikian masa subur ini sulit diketahui secara pasti. Hal ini disebabkan karena siklus haid perempuan biasanya tidak teratur, sehingga masa subur sulit diketahui secara tepat. Selain itu faktor2 eksternal (gizi, stress, kondisi fisik) juga berperan dalam menentukan siklus haid seseorang.

Reproduksi berarti membuat kembali. Pada saat alat kelamin laki-laki ada dalam vagina dan terjadi ejakulasi, maka sperma masuk kedalam rahim. Setiap ejakulasi dipancarkan ± 3,5 cc cairan mani yang mengandung ± 100 juta sperma tiap cc-nya. Sperma dapat bertahan 2-3 hari di dalam rongga rahim, sedangkan sel telur (opung) bertahan hingga 12 – 24 jam setelah ovulasi.

Dari berjuta-juta sperma yang masuk, yang berhasil menembus sel telur biasanya hanya satu sehingga sperma lain tidak dapat masuk. Proses ini disebut pembuahan (fertilasi) yang terjadi di dalam bagian saluran indung telur (tuba pallopi yang melebar-pars ampulam). Hasilnya disebut zigot yang kemudian berjalan selama 3 – 5 hari menuju rahim dan melekat pada bagian atas (fundus) rahim. Proses ini disebut nidasi(implantasi). Zigot mengadakan pembelahan sel dan selanjutnya menjadi janin (fetus).

Di dalam rahim, janin akan mendapatkan makanan dari ari-ari (plasenta) melalui tali pusat. Janin dilindungi oleh air ketuban yang berguna untuk melindungi janin dari goncangan luar dan memberikan keleluasaan janin untuk bergerak. Setelah itu bayi akan keluar melalui vagina yang didahului keluarnya sedikit darah/lendir, cairan ketuban dan mules-mules karena kontraksi rahim untuk membuka leher rahim. Proses dari pembuahan sampai kelahiran inilah yang disebut kehamilan.


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 2:00 AM