Cara Mengatasi Vagina Kering

Hai Kawan Sehat,Apa kabar nih? Tetap sehat kan? Berikut kami akan bagikan ilmu spesial buat kita, silahkan disimak ya.

Apakah vagina Anda kering dan Anda tidak tahu apa yang menyebabkan kekeringan vagina? Pertama, mari kita membuat jelas bahwa itu bukanlah suatu kondisi yang mengancam jiwa.
Kekeringan vagina tidak hanya mempengaruhi Anda secara fisik tetapi juga emosi. Hal ini tidak hanya membuat hubungan seksual yang menyakitkan dan disertai dengan rasa panas konstan dalam vagina tetapi juga kemungkinan akan meninggalkan dampak emosional yang mendalam pada kepercayaan diri saat melakukan hubungan seksual. Tidak hanya itu, masalah ini juga bisa menyebabkan menurunnya libido.

Kondisi ini dapat diobati, tetapi hanya jika Anda mencari pengobatan. Akan tetapi, wanita yang mengalami masalah ini cenderung menghindar karena malu. Jika kekeringan menjadi hal yang menyebabkan gesekan atau nyeri bagi Anda atau pasangan Anda saat berhubungan, maka Anda perlu bantuan.

Gejala seperti gatal vagina, rasa terbakar, sensasi tekanan, rasa sakit atau perdarahan ringan selama hubungan seksual, frekuensi kencing, atau intensitas dapat disebabkan oleh sejumlah infeksi bakteri atau virus. Untuk mendiagnosa masalah dengan benar, yang terbaik untuk diperiksa oleh dokter kandungan. Namun, gejala ini juga dapat menjadi hasil dari kekeringan vagina.

Penyebab vagina kering

Meskipun kekeringan dikenal dalam banyak kasus karena menyebabkan gatal dan terbakar pada vagina / menyengat di sekitar lubang vagina dan sepertiga bagian bawah vagina, itu adalah rasa sakit yang mungkin terjadi selama hubungan seksual yang dapat menjadikan wanita menjadi stres.

Semua keadaan yang dapat menyebabkan kekeringan vagina, adalah sebagai berikut:
  1. Stres
  2. Kecemasan
  3. Merokok
  4. Antidepresan
  5. Pengendalian kelahiran (kontrasepsi)
  6. Obat alergi
  7. Douching
  8. Penyakit autoimun
  9. Terapi kanker ( Kemoterapi )
  10. Menyusui
  11. Kehamilan
  12. Persalinan
  13. Seks
  14. Diafragma
Estrogen adalah hormon wanita yang membantu menjaga vagina tetap sehat dengan mempertahankan jumlah yang tepat pelumasan, elastisitas dan keseimbangan PH. Kekeringan adalah akibat langsung dari kadar estrogen yang lebih rendah yang umum terjadi selama dan setelah menopause. Ketika tingkat estrogen rendah, jaringan vagina menipis menjadi kurang elastis, kering dan lemah. Pelumasan vagina yang tidak memadai dapat terjadi pada wanita pada usia berapa pun. Ini juga merupakan tanda karakteristik atrofi vagina / vaginitis atrofi ( penipisan dan peradangan pada dinding vagina akibat penurunan estrogen).

Penurunan kadar estrogen dapat di sebabkan oleh:
  1. Mati haid ( Menopouse )
  2. Histerektomi
  3. Perubahan menstruasi
  4. Kehamilan
  5. Persalinan
  6. Kontrasepsi hormonal
  7. Endometriosis
  8. Stres
  9. Kelelahan
  10. Obat infertilitas
Penyebab lain dari kekeringan vagina yang mengejutkan wanita adalah dehidrasi yang disebabkan oleh antidepresan atau obat alergi. Banyak obat alergi menghentikan masalah hidung tersumbat dengan mengurangi aliran cairan dalam jaringan hidung Anda. Ini juga dapat berdampak pada berkurangnya pelumasan dalam vagina Anda.

Bagaimana Anda dapat mencegah vagina Anda dari kekeringan?

1. Berhenti menggunakan produk yang kemungkinan akan meningkatkan kekeringan atau mengiritasi jaringan vagina.

Sabun tertentu, bubuk cuci, douche, gel wangi dan alergen yang mengandung bahan-bahan yang keras, Anda perlu waspada jika mereka mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan kekeringan.

2. Latihan kegel

Pilihan lain yang mudah adalah latihan kegel. Latihan kegel membantu meningkatkan sirkulasi ke daerah panggul yang kembali memperkuat jaringan vagina. Sementara pelumas berguna saat berhubungan seks, diformulasikan khusus krim pelembab akan menjaga kesehatan jaringan vagina dengan baik. Formula khusus yang mengandung phytoestrogen dikenal karena kemampuan mereka untuk secara alami meningkatkan estrogen yang rendah.

3. Mengkonsumsi biji rami dan vitamin

Biji rami merupakan phytoestrogen yang tinggi dan dikenal untuk meringankan ketidaknyamanan dari sakit payudara. Asam lemak omega-3 yang baik untuk memerangi penyakit jantung, arthritis dan menyeimbangkan hormon.

Anda bisa menggunakan suplemen untuk membantu memerangi kondisi yang berbeda. Hal ini berlaku untuk kasus vagina kering. Pertimbangkan vitamin B dan vitamin E. Vitamin A membantu menjaga kelenturan. Jika Anda memutuskan untuk mengambil vitamin berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.
 
4. Menggunakan pelumas berbasis air

Pelumas berbasis air, yang digunakan saat berhubungan seks, dapat meredakan rasa tidak nyaman dan membuat seks lebih menyenangkan bagi Anda dan pasangan Anda. Tidak hanya itu, pelumas berbasis air yang baik, dirancang khusus untuk melakukan hubungan seksual, yang juga dapat mengurangi kemungkinan penggunaan kondom, sehingga membuat seks yang lebih aman. Sebuah pelumas berbasis air yang baik adalah larut dalam air dan akan menyerap ke dalam jaringan vagina Anda dan bekerja sama dengan cairan alami tubuh Anda sendiri saat mereka muncul.
 
5. Menggunakan pelembab vagina

Untuk kasus-kasus ekstrim kekeringan vagina pelumas mungkin tidak cukup. Coba gunakan pelembab vagina. Pelembab vagina dapat diterapkan dua sampai tiga kali seminggu tepat sebelum Anda tidur. Kebanyakan wanita akan menemukan seks jauh lebih menyenangkan dengan bantuan pelumas sedikit. Menerapkan pelumas sebelum melakukan hubungan seks juga membantu Anda menjadi terangsang lebih cepat karena asosiasi otak Anda menjadi basah dengan menjadi terangsang.


http://maujugadong.blogspot.com
Subscribe/Langganan:

Social Media Widget SM Widgets


Portal Sehat Updated at: 4:26 PM